January 18, 2021
Memahami Seberapa Baik Memperhatikan Psikologi Anak Usia 1 Tahun

Memahami Seberapa Baik Memperhatikan Psikologi Anak Usia 1 Tahun

Sebagian besar orang tua, tentu sangat berharap dan menantikan anaknya ketika masih berusia di bawah satu tahun untuk segera tumbuh. Mungkin banyak yang tidak tahu, bahwa dalam proses anak terus bertambah umurnya akan terus memiliki beragam jenis peningkatan tanpa disadari. Salah satunya ketika melihat bagaimana psikologi anak usia 1 tahun muncul dan membuat para orang tua seringkali terkejut.

Tujuan utama mengerti psikologi anak adalah supaya mengerti bagian apa saja dan sisi mana yang sudah berubah untuk segi berbagai aspeknya. Apalagi, hal seperti ini kurang dipahami atau dilihat oleh orang tua demi membuat perkembangan dari anak supaya lebih optimal. Secara psikologinya, sebenarnya memang setiap anak nantinya memiliki karakter dari dalam diri dan harus diarahkan oleh orang tua sebenarnya.

Memperhatikan Perkembangan Psikologi Anak

Membedah namanya psikologi untuk para anak dengan usia di bawah satu tahun tentu tidak bisa asal karena anak sudah mulai membentuk karakternya. Tidak bisa dipungkiri juga, bahwa sebenarnya mengasah sisi ini sangat bermanfaat dan berguna demi kepentingan anak nantinya. Untuk orang tua ketahui bagian dan titik terpenting dari pertumbuhan sisi psikologi dalam diri setiap anak dalam usia belai tersebut.

Berikut merupakan beberapa hal penting seputar memahami psikologi anak terutama ketika masih berada di bawah satu tahun :

  1. Rasa Percaya diri

Pada saat berada dalam usia satu tahun, tidak bisa dipungkiri bahwa percaya diri dari seorang anak terkesan tidak bisa stabil. Misalnya saja terkadang bertemu satu orang ke lainnya bisa memiliki sikap berbeda seperti malu atau menolak. Tetapi pada banyak kejadian ada yang cukup bisa akrab dengan asing secara cepat. Inilah mengapa dari orang tua tetap harus mendampingi dan memberikan pengarahan dengan perlahan.

  1. Perubahan emosi

Tidak heran dan harus diketahui para pendamping bahwa anak usia ini cenderung mudah sekali berubah emosinya. Seperti bisa dilihat ketika saat bermain sangat senang, tetapi ketika diganggu dengan mudahnya akan menangis atau terasa tidak nyaman. Namun, bagian terpenting adalah tetap menjaga agar anak dengan mudahnya tertawa lepas dan senang ketika melakukan berbagai hal.

  1. Kebergantungan orang tua

Sebagai anak usia masih satu tahun, tentu secara psikologinya akan membutuhkan uluran dari orang tua sesering mungkin. Apalagi, dengan hal ini akan membuat anak merasa dekat dengan orang tua sehingga dalam dirinya merasa dihargai. Selain itu, orang tua juga secara bebas akan mengarahkan dan mendukung setiap hal dilakukan oleh anak.

Segi psikologi memang sangat berguna dalam menjamin agar kondisi dalam diri anak tetap stabil sedari kecil. Membahas bagian psikologi anak usia 1 tahun memang harus dilakukan orang tua sejak belia supaya menjaga anak dari karakter kurang baik. Selain itu, sebagian besar anak dalam usia di bawah satu tahun akan sangat membutuhkan uluran bantuan orang tua secara aktif.