March 5, 2021
5 Manfaat Sarapan Pagi untuk Si Kecil yang Harus Ibu Ketahui

5 Manfaat Sarapan Pagi untuk Si Kecil yang Harus Ibu Ketahui

Sarapan merupakan rutinitas wajib yang tidak boleh Anda lewatkan setiap hari. Anak-anak wajib mendapatkan asupan nutrisi terbaik untuk mendukung peningkatan mereka. Toh, anak-anak butuh energi untuk fokus belajar atau melakukan aktivitas seru di sekolah. Sarapan pagi buat anak harus Anda prioritaskan, alih-alih tidak sarapan dan memilih jajan di kantin pada jam istirahat.

Manfaat sarapan pagi buat anak

Jangan biarkan anak terburu-buru ke sekolah tanpa sarapan pagi. Bangun kesiangan kerap dijadikan alasan untuk tidak sarapan. Tak hanya sekadar memenuhi kebutuhan makan saja, ada beberapa manfaat sarapan untuk anak berikut :

1.  Menambah energi sebelum beraktivitas

Anak yang tidak punya kebiasaan sarapan akan merasa cepat lelah dan tidak semangat dalam menjalani aktivitas seharian. Sarapan yang kaya nutrisi akan memberikan energi yang dibutuhkan oleh tubuh agar anak semakin semangat belajar. Semangat yang tinggi akan mendorong nilai akademik dan non akademik mereka lebih menonjol.

2.  Meningkatkan metabolisme tubuh

Pilih sarapan sehat yang terdiri dari makanan bergizi mengandung karbohidrat dan serat yang dibutuhkan tubuh. Setelah istirahat semalaman, tubuh perlu nutrisi dari karbohidrat sebagai sumber energi untuk mengoptimalisasi metabolisme tubuh lancar.

3.  Bisa meningkatkan konsentrasi lebih baik

Anak perlu konsentrasi yang baik agar bisa fokus belajar lebih maksimal. Konsentrasi yang buyar akan menurunkan minat anak belajar sehingga berdampak pada nilai yang menurun. Penelitian membuktikan bahwa anak yang tidak terbiasa sarapan pagi bakal lebih lamban dalam menjalankan aktivitas harian.

4.  Bisa meningkatkan kemampuan otak si kecil

Ingin anak Anda menjadi siswa yang cerdas di sekolah, maka pastikan Anda memberikan sarapan pagi buat anak. Pilih menu sarapan sehat yang bisa membantu meningkatkan kemampuan otak si kecil dari segi kecerdasan, kemampuan mengingat dan berpikir. Anda jelas bangga memiliki anak yang memiliki kemampuan intelegensi lebih bagus daripada anak lain, bukan?

5.  Memberikan kesehatan mental yang baik

Tidak hanya bisa meningkatkan kecerdasan saja, anak-anak yang terbiasa sarapan setiap hari bisa memiliki kestabilan emosional. Anak bisa memecahkan semua masalah dengan kepala dingin, alih-alih menjadi pribadi yang gampang marah dan tersinggung. Anak yang gampang marah akan mengalami gangguan perkembangan yang tidak baik, termasuk urusan komunikasi dan sosialisasi dengan teman-teman sebaya.

Beberapa manfaat sarapan pagi buat anak harus Anda ketahui agar bisa memberikan kebaikan untuk pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Tidak hanya bisa menyehatkan tubuh saja, tetapi bisa memberikan manfaat untuk kestabilan emosional.

Usahakan selalu membuat si kecil kenyang sebelum ia berangkat ke sekolah setiap hari, ya! Pasalnya, penelitian di Indonesia menunjukkan bahwa dari 10 anak, ada 7 orang yang mengalami kekurangan nutrisi. Berikan segelas susu coklat yang siap membuat hari anak lebih bersemangat, yuk!