September 21, 2021
5 Kegiatan Penunjang Kesehatan Dan Cukupan Gizi Anak

5 Kegiatan Penunjang Kesehatan Dan Cukupan Gizi Anak

Menjaga kesehatan anak selama masa pertumbuhannya merupakan kegiatan yang penting untuk menunjang masa depan anak. Dengan tubuh yang sehat maka anak akan tumbuh dan berkembang dengan baik. Kesehatan yang didapatkan oleh anak selama mereka tumbuh dan berkembang berhubungan dengan konsumsi harian mereka. Dimana makanan yang mereka konsumsi akan berperan dalam pembentukan energi dan juga memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Sebab itu ada baiknya anda memberikan makanan yang mengandung nutrisi yang cukup selama masa pertumbuhan mereka.

Kebutuhan asupan gizi anak ada baiknya menjadi fokus orang tua ketika mengasuh anak mereka. Meskipun di tengah kesibukan mereka, memperhatikan konsumsi makanan anak akan menunjang asupan nutrisi dalam tubuh anak sehingga pemberiannya tidak boleh main- main. Dalam menjaga kesehatan dan gizi anak usia dini, ada beberapa kegiatan yang dilakukan untuk menunjang kegiatan tersebut. Berikut merupakan beberapa kegiatan menjaga kesehatan dan gizi anak usia dini  :

  1. Memberikan pola makan rutin

Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan penting dalam menjaga kesehatan dan gizi anak usia dini. Memberikan anak anda makan 3 kali sehari dapat menunjang kesehatan dan kecukupan nutrisi mereka. Hal ini dapat menjadi perilaku yang baik selama mereka tumbuh. Namun, dalam memberikan makanan anda tidak perlu memaksakan anak untuk makan dan mengkonsumsi makanan hingga habis karena akan berpengaruh pada kesehatannya.

  1. Memberikan makanan kaya akan nutrisi

Konsumsi makanan yang menunjang kesehatan dan gizi anak usia dini adalah makanan yang bernutrisi. Dimana makanan tersebut mengandung karbohidrat, lemak, protein, serat, vitamin dan mineral dalam porsi makannya. Kebutuhan nutrisi yang tercukupi akan mendukung fungsi tubuh untuk bekerja sehingga pertumbuhan anak dapat optimal.

  1. Mengurangi penggunaan produk makanan yang menggunakan penyedap, sodium, pemanis dan mengandung lemak jahat.

Ketiga kandungan ini sangat tidak baik dikonsumsi anak – anak dan orang dewasa. Sebab, kandungan – kandungan yang disebutkan diatas merupakan ragam kandungan yang menyebabkan ragam penyakit seperti obesitas, kolesterol, dan diabetes. Memberikan makanan sehat seperti cemilan buah – buahan atau produk organic lainnya sangat disarankan.

  1. Menerapkan pola hidup sehat

Penerapan pola hidup sehat memang sulit. Namun dapat dimulai dari orang tua dan lingkungan sekitar anak. Hal ini akan mengajarkan kepada anak betapa pentingnya kesehatan. Kegiatan mudah seperti mencuci tangan sebelum makan, makan makanan bergizi dan berolahraga dapat menjadi contoh yang baik untuk diikuti anak.

  1. Melakukan imunisasi rutin

Imunisasi pada anak diadakan secara berkala selama masa pertumbuhannya. Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan imunitas tubuh anak pada ragam penyakit menular yang menyerang anak – anak. Dengan melakukan imunisasi rutin maka anak akan terjamin kesehatannya dan masa depannya.