May 11, 2021
5 Akibat Ruam Popok yang Tidak Segera Diatasi

5 Akibat Ruam Popok yang Tidak Segera Diatasi

Iritasi pada kulit bayi memang sudah biasa. Kulit bayi cenderung lebih tipis dan sensitif sehingga sangat mudah mengalami iritasi. Ruam popok menjadi salah satu kondisi iritasi yang sering ditemukan pada bayi. Beli Mamypoko sebagai produk diaper berkualitas untuk mengurangi risiko ruam popok tersebut.

Dampak Ruam Popok

Kondisi ruam yang dipicu oleh pemakaian popok harus segera diatasi. Orang tua bisa mengaplikasikan krim ruam pada bagian yang terkena tekanan pemakaian popok. Jika tidak segera diatasi, berikut adalah 5 akibat yang bisa dialami oleh si kecil.

1.     Iritasi Menyebar

Jika iritasi kulit yang dimulai dari ruam popok ini tidak diatasi, maka iritasi tersebut bisa menyebar. Penyebaran bisa terjadi di area kulit yang lebih luas. Iritasi tidak hanya bisa ditemukan pada titik-titik yang terkena tekanan diaper namun bisa meluas ke bagian bawah paha bahkan mungkin perut. Kondisi ini jelas akan membuat si kecil merasa terus kesakitan.

2.     Terjadi Infeksi Sekunder

Kondisi ruam yang dibiarkan tanpa penanganan juga bisa memicu terjadinya infeksi sekunder. Infeksi sekunder ini bisa disebabkan oleh jamur. Apalagi jika kondisi kebersihan area yang mengalami ruam tidak dijaga dengan baik. Infeksi sekunder bisa saja lebih parah dari infeksi awal sehingga akan meninggalkan rasa sakit yang lebih menyiksa si kecil.

3.     Anak Jadi Rewel

Ruam popok yang tidak segera diatasi akan membuat anak menjadi semakin rewel. Anda bisa menerapkan tindakan efektif terbaik untuk mengobati masalah ruam popok ini. Misalnya dengan menggunakan krim ruam, beli Mamypoko sebagai pilihan diaper yang aman untuk si kecil, hingga melepas diaper sementara waktu. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter jika kondisi ruam semakin parah.

4.     Gangguan Makan

Kondisi ruam popok yang tidak ditangani akan berkembang ke arah iritasi yang semakin parah. Jika hal ini terjadi maka dampaknya bisa berpengaruh pada kebiasaan makan si kecil. Anak bisa saja mengalami gangguan makan karena ia merasa tubuhnya tidak dalam posisi nyaman. Jika hal ini terjadi maka bobot tubuh anak bisa menurun dan kesehatannya terganggu.

5.     Gangguan Perkembangan

Anda juga harus mewaspadai adanya gangguan perkembangan akibat ruam popok yang tidak segera diatasi. Jika ruam popok terus berkembang ke arah infeksi dan iritasi serius maka anak tidak bisa beraktivitas dengan bebas. Kemampuan eksplorasinya akan menurun dan membuat perkembangannya tidak bisa berjalan lancar seperti anak-anak lain pada umumnya.

Itulah 5 akibat yang bisa dialami anak jika kondisi ruam popok tidak diatasi dengan baik. Anda bisa mencari tips-tips penanganan ruam popok lewat situs Orami Parenting. Konsultasikan pula pada dokter apabila kondisi ruam cukup parah dan sudah berkembang ke arah infeksi yang cukup serius. Lakukan yang terbaik untuk mengobati ruam dan mencegah kondisi serupa muncul di kemudian hari.